Menu

”Pelatihan BLS & BCLS Bagi Perawat Desa di Kabupaten Malang”


Pada hari Sabtu (12/01/2019) telah dilaksanakan Pelatihan Basic Life Support dan Basic Cardiac Life Support oleh Diklat PPNI Kabupaten Malang yang bekerjasama dengan AIPNI Malang Raya dan PMI Kabupaten Malang. Pelatihan ini bertempat di Markas PMI Kabupaten Malang yang berlokasi di Kebonagung Pakisaji Malang. Acara kegiatan ini diikuti oleh 44 para Perawat Desa se-Kabupaten Malang dan dibuka oleh Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Ibu dr. Ratih Maharani.

Pelatihan BLS & BCLS ini merupakan salah satu pelatihan wajib yang harus dimiliki oleh petugas kesehatan termasuk perawat. BLS & BCLS ini merupakan ilmu pertolongan dasar untuk pasien dengan henti jantung yang mengacu kepada masa golden period atau masa periode emas dengan waktu singkat seorang penolong dapat menyelamatkan hidup pasien.

Salah satu fasilitator pelatihan Toni Suharsono ,M.Kep. menyampaikan umumnya kenapa pasien gawat darurat mengalami kematian, biasanya karena petugas kesehatan tidak mampu menangani korban. Hal ini banyak faktor yang mempengaruhinya, mulai dari faktor tingkat keparahan kondisi pasien, kurangnya memadai peralatan, belum ada sistem terpadu dan pengetahuan serta ketrampilan penanganan dan bahkan memberikan pertolongan kegawat daruratan masih banyak yang kurang dalam mengaplikasikannya.

Bapak Lulus Condro ,S.Kep.Ns.,MSi selaku Ketua PPNI Kabupaten Malang menambahkan untuk pengetahuan dan skill dalam memberikan pertolongan gawat darurat memiliki prosentase yang besar guna menentukan kesuksesan pertolongan, saat ini kasus henti nafas dan henti jantung menduduki peringkat tertinggi dalam penyebab kematian di Indonesia, umumnya diakibatkan karena kecelakaan, faktor penyakitnya ataupun kongenital/bawaan.

Untuk itu semoga dengan pelatihan ini tenaga kesehatan khususnya para perawat desa Kabupaten Malang lebih terampil guna menangani korban gawat darurat di Wilayah Kabupaten Malang dan sekitarnya.

   

 

Leave a reply


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *